Jumat, 23 April 2010

Percantik Form di VB .Net

Form merupakan sebuah Interface / Antarmuka yang akan berhadapan langsung dengan pengguna program.
Tampilan form yang menarik tentu saja akan membuat pengguna lebih suka memakai program kita.

Sekarang saya akan memberikan tips bagaimana mempercantik form pada VB 2008 alias VB .Net..
Sebelumnya cb tmn2 lihat contoh form yang pernah saya buat.

Klik gambar untuk memperbesar.
Ini adalah salah satu contoh form dari program yang saya buat dengan nama Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian Badan Kepegawaian Propinsi Bali, saat saya PKL di GGS (Ganesha Global Sarana).



Ini adalah form Rancangan TA saya, yang berjudul Implementasi Algoritma Kombinasi Northwest Corner Dan Stepping Stones pada Persoalan Pendistribusian Barang.. he2.. (Moga gak berubah lagi)..

Gimana ?? Cantik gak ?? (Kayak cewek aj.. wkwkwk)

Sebenarnya caranya gampang aja.. Saya menggunkan sebuah Add in tambahan untuk VB 2008 yaitu DotNetBar. DotNetBar menyediakan Control - control atau Tool - tool yang lebih menarik daripada Tool bawaan VB.
Caranya gmna ??? Y donlod aj.. (wkwkwkw)..
Download DotNetBar di sini
Tmn2 donlod dulu, setelah itu install DotNetBar nya.. Jika sudah di Instal, nanti pada Visual Studio nya akan ada tambahan Tab Control / Tool dengan nama DotNetBar pada ToolBox.


Disana tmn2 bisa pilih control2 yang mau di pake. Misalnya ada control textbox dengan nama TextBoxX, ada LabelX, ComboBoxEx, yang jelas Control nya lebih menarik dari bawaan VB.
Ada juga template Form baru seperti yang saya gunakan pada Gambar diatas. yaitu Office Form..

Segitu aja dulu deh, moga tmn2 bisa terbantu.. he2.. (mw ngaljutin bikin TA dulu,..)

17 komentar:

Anonymous mengatakan...

bisa buat vb.net 2005 gk ????

Dedik PS mengatakan...

Bisa.. 2005,2008 n 2010..

Anonymous mengatakan...

hm,,,good job ^ ^
btw,,gmn bkin command button na yh?

Anonymous mengatakan...

good job ^^
btw gmn cr bkin command button na yh?
n kog bs 3D gtu?

Dedik PS mengatakan...

Itu dah gan... Pake DotNetBar..

Anonymous mengatakan...

tp kog sy cobain ga bs kyk gtu yh
blh mnt project vb na ga gan??
tertarik wat belajar...:)
dah lu2s kah skripsi na??

KIIOMORIE mengatakan...

tp kog sy cobain ga bs kyk gtu yh
blh mnt project vb na ga gan??
tertarik wat belajar...:)
dah lu2s kah skripsi na??

Dedik PS mengatakan...

Kan ada sample2 dari dotnetbar yg bisa di pelajarin mas.. y ntar saya sertakan contoh projectnya deh..

KIIOMORIE mengatakan...

hm,,maklum bljar sndiri.
^ ^
pm ja mas,,blh kah?

Wulung Triyanto mengatakan...

Alternatif laen pk Janus WinForms v3...
sm ajibnya gan...

Dedik PS mengatakan...

Posting ini telah dihapus oleh penulisnya.

Dedik PS mengatakan...

@Wulung Triyanto
OK thx infonya bro..

Dedik PS mengatakan...

@ika_ndutz
Iya gan, itu emang trial. tapi gpp kok gan, smw tool bisa dipake selamanya. Ane uda nyoba. Cmn tool Ribbon Bar aj, yg ada tulisan trial nya diatas.Ane jrang pke tool itu.

Dan juga kalo agan pak yg cracked, ntar VS ny ikutan bermasalah, ane uda mengalami gan.. jadi yg trial ttp bisa. Ane buat program untuk TA ane, pake yg trial, n gk ada masalah kok..

nOx__nOx mengatakan...

bisa d pake bwt vb 6.0 gk?

Anonymous mengatakan...

Trial ne gan...yg full version ad gan...??

rizkyikihsan mengatakan...

mau tanya nihh,,
tool buat ngasih menu strip dri dotnetbar apa nmanya?? trs cra pake' nya gmna ??
thx

Yuzha mengatakan...

menarik bgt gan postingannya...
mau tanya nih..

itu kan trial, klo nanti di bikin setup kira2 bermasalah ga?

thx

Template by : kendhin x-template.blogspot.com