Selasa, 24 April 2012

Cara Mengambil Koordinat GPS dari Foto dan Plot ke Google Map di VB .Net

Om Swastyastu..











Setelah sekian lama vakum, dapet waktu dikit untuk berbagi ilmu lagi.. he2.. O ya, saya sempat ada kerjaan jadi petugas catat meter di PLN lo, waktu itu lokasi di Banjarmasin. Saya membawa kamera yang dilengkapi dengan GPS (keren kan.. :D ), jadi meter an orang di foto, nanti hasil foto langsung terinclude titik koordinat nya.
Trus kalau udah dapet koordinat nya mau ngapain?? :'/













Ya tentu saja akan diplot di peta digital, sehingga pencarian meteran itu akan mudah. Perusahaan sudah memiliki aplikasi GIS dengan Map Info, karena saya gak suka Map Info (sebenernya kagak ngerti, hehe), ya udah saya coba pakai Google Map aj iseng - iseng.



Hal pertama yang saya lakukan tentu saja mengambil titik koordinat yang ada di foto tersebut, baru kemudian bisa di plot di google map. Dan caranya ketemu, itu digunakan librari Exif Reader, class - class yang ada di dalamnya itu bisa digunakan untuk mengambil data dari sebuah file image, mulai dari tanggal, resolusi, jenis kamera yang dipakai, dan tentu saja koordinat GPS nya.

Setelah GPS dapet, ehh ternyata format nya tidak bisa di baca di Google Map, format yang saya dapat adalah format Sexagesimal (format jam, menit, detik atau derajat), si Google maunya format desimal. Caranya y convert aja, hehe..

Setelah di convert baru deh langsung plot ke Map, caranya gampang, saya hanya perlu menambahkan parameter di path google map nya dengan koordinat nya. Langsung deh muncul di browser, dan titik koordinat tersebut ditandai di Google Map nya.
Oke ini saya bagi aplikasi lengkap dengan source dan ExifReader.dll nya, semoga bisa nambah ilmu temen2..

Download

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com